Penyebab dan Cara Mengatasi Susah Tidur Malam


Apakah anda sering mengalami susah tidur di malam hari? Jika ya, bukan hanya anda yang sering mengalami hal ini. Penyakit susah tidur atau yang lebih dikenal dengan insomnia ini sering dialami oleh banyak orang dengan berbagai penyebab susah tidur. Akibat susah tidur biasanya menyebabkan seseorang menjadi kurang tidur dan nampak kurang sehat. Bagaimana cara mengatasi susah tidur malam?

Ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab susah tidur malam itu terjadi. Seseorang yang tidur dengan waktu tidur yang cukup cenderung lebih sehat. Sebaliknya, seseorang yang kurang jumlah jam tidurnya biasanya cenderung kurang sehat. Wajah dan mata akan terlihat tidak segar. Maka dari itu, usahakan tidur anda cukup dan hindari susah tidur di malam hari.

Penyebab susah tidur diantaranya bisa dikarenakan:

1. Adanya prilaku mengkonsumsi obat-obatan yang kurang baik
Hal lain yang bisa menjadi penyebab Anda sulit tidur adalah karena Anda mengonsumsi obat-obatan terutama yang tidak menyebabkan rasa kantuk muncul.
Terkadang orang-orang malah mengonsumsi obat yang membuat dirinya terjaga sepanjang malam hanya untuk mengerjakan sesuatu, padahal tidur pada malam hari tidak akan tergantikan kualitasnya meskipun Anda telah tidur lama sekali di siang hari.

2. Pola makan yang tidak sehat
Asupan makanan juga dapat mempengaruhi pola tidur Anda. Selain kafein yang banyak tergantung dalam kopi, ternyata mengonsumsi daging saat makan malam akan menghalangi datangnya kantuk di malam hari.

3. Makanan sumber protein akan membuat tubuh Anda mengeluarkan energi yang lebih besar untuk melakukan proses pencernaan. Akibatnya Anda akan menjadi sulit tidur.

4. Pengaruh cuaca
Suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas juga dapat mempengaruhi tidur Anda. Tentu Anda akan merasa tidak nyaman ketika keadaan sedang panas sehingga Anda merasa kegerahan, atau terlalu dingin sampai-sampai selimut tidak dapat mengurangi rasa dingin itu, maka kesulitan tidur akan terjadi dan hal ini biasanya tidak terpikirkan sebagai salah satu penyebab Anda sulit tidur di malam hari.

5. Memikirkan hal-hal yang tidak terpikirkan
Ada hal lain yang tidak terpikirkan yang juga mempengaruhi Anda sehingga Anda susah tidur di malam hari. Tahukah Anda bahwa siklus pergerakan Bulan juga dapat mempengaruhi pola tidur Anda.

Sebuah penelitian menemukan bahwa ketika bulan sedang purnama, seseorang tidur lebih sebentar dan kurang nyenyak dibanding biasanya.
Faktor ini tidak terjadi setiap hari seperti pada faktor utama sebelumnya, tapi cukup mempengarui satu atau dua hari dalam satu bulan di kehidupan Anda.


Cara mengatasi susah tidur malam:

Jika Anda termasuk salah orang yang mengalami susah tidur, beberapa tips ini dapat Anda lakukan untuk mengatasi susah tidur.

1. Jadwalkan waktu tidur Anda
Anda harus terlebih dahulu menetapkan waktu tidur dan bangun dengan tepat. Jadi jika anda tidur pada jam yang sudah Anda tentukan sebelumnya, Anda harus sudah tidur dalam waktu itu juga. Begitu juga dengan ketika Anda bangun, Anda juga harus menetapkan waktu bangun yang sudah Anda tentukan. Minimal Anda tidur 8 jam per hari. Lakukan cara ini setiap hari.

2. Batasi tidur siang Anda
Anda jangan sampai tidur siang terlalu lama. Usahakan tidur siang hanya sekitar 10-30 menit saja. Hal ini dikarenakan untuk menjaga kualitas tidur malam Anda agar lebih nyenyak.

3. Mandi setelah pulang kerja
Melakukan sesuatu aktivitas yang dapat menaikkan suhu badan, terutama pada saat menjelang tidur, akan berpotensi membuat Anda menjadi lebih sulit untuk tidur. Mandi menjelang tidur dapat mempengaruhi suhu tubuh Anda, sehingga juga berpengaruh pada tidur Anda. Disarankan untuk mandi sesaat setelah Anda pulang kerja dan bukan mandi ketika menjelang waktu tidur. Hal ini tentunya dengan catatan bahwa pulang kerja Anda adalah pada waktu sore hari atau tidak berdekatan dengan jadwal waktu tidur Anda.

4. Tempat tidur yang nyaman 
Pastikan terlebih dahulu tempat tidur yang Anda gunakan dapat membuat Anda merasa sangat nyaman. Tempat tidur Anda jangan terlalu sempit sehingga Anda sulit bergerak dengan bebas.

5. Meredupkan lampu rumah ketika menjelang waktu tidur
Mematikan lampu kamar menjelang waktu Anda tidur memang dapat membuat lebih cepat tidur.Tetapi begitu juga dengan meredupkan lampu ruangan-ruangan dalam rumah sebelum tidur juga sama pentingnya. Terkena cahaya lampu yang begitu terang pada saat menjelang waktu tidur akan membuat Anda menjadi sulit tidur.

7. Matikan komputer Anda
Jika Anda adalah seorang yang penggila komputer untuk browsing ataupun bermain game, disarankan untuk membuat jeda antara berhenti bermain komputer dengan saat sebelum Anda tidur, minimal 30 menit. Istirahatkan otak Anda sejenak dan Anda dapat lebih cepat untuk tidur.

8. Berolahraga
Usahakan untuk olahraga setiap hari. Anda bisa melakukannya pagi hari dengan olahraga pagi seperti jogging ataupun bersepeda. Hal ini dapat membantu Anda membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

9. Matikan ponsel atau gadget
Pastikan Anda untuk tidak membawa ponsel di atas kasur menjelang tidur. Apabila Anda masih sibuk dengan ponsel atau gadget tersebut menjelang tidur, hal ini akan meyebabkan Anda menjadi susah tidur. Matikan ponsel atau gadget kurang lebih satu jam sebelum waktu Anda tidur agar Anda dapat untuk cepat tidur dan mendapatkan tidur yang nyenyak. 

Previous
Next Post »